Profil Gereja

bg new 2013

SEJARAH SINGKAT

GEREJA ISA ALMASIH JEMAAT KENDAL


Gereja Isa Almasih Jemaat Kendal dimulai dengan sebuah perintisan baru.  Di awali pada awal tahun 1981 oleh Pdt. Andreas Kristianto yang pada waktu itu menjabat sebagai ketua Departemen Penginjilan  GIA Dr. Cipto Semarang, mengadakan pelayanan perintisan jemaat yang dimulai dari Mangkang – Semarang (Perbatasan dengan kabupaten Kendal) kemudian masuk ke kota Kendal. Ada satu keluarga yaitu Bpk./Ibu Amir yang kemudian menjadi Jemaat mula-mula di GIA Jemaat Kendal.  Untuk membentuk sebuah persekutuan, Pdt. Andreas Kristianto mengontrak rumah di Jl. Waluyo No. 12 Kendal milik Bapak Amad Muski yang dipakai sebagai tempat persekutuan.

Dalam perjalanan selanjutnya, tepatnya tanggal 8 Agustus 1981, pelayanan sepenuhnya dilaksanakan oleh Bapak Pdt Yamidi Yonatan yang sekaligus sebagai penanggungjawab Pos PI Kendal.   Pada saat itu pula dilakukan pemasangan papan nama GIA Pos PI Kendal.  Pada Pertengahan tahun 1984 kontrak rumah tersebut habis dan tidak bisa dilanjutkan lagi perpanjangannya. Oleh kemurahan TUHAN melalui keluarga Bapak Israel Alex Joekinun di Jl. Pemuda no. 102 Kendal, berkenan rumahnya dipergunakan sebagai tempat ibadah.  Kebaktian diadakan pada hari Minggu pukul 16.00 WIB. Kehadiran jemaat pada saat itu berkisar 20 orang setiap minggunya.

Pada awal Juni 1989, Bapak Yonatan dipersiapkan untuk menjadi Gembala Sidang di GIA Jemaat Weleri.   Hal tersebut tentu berakibat pada kosongnya penanggungjawab Pos PI Kendal dan sempat terhentinya kegiatan ibadah di Pos PI tersebut.   Untuk mengisi kekosongan tersebut, Departemen PI GIA Dr. Cipto Semarang mempercayakan  Bapak Pdt. Nathanael KS sebagai penanggungjawab GIA Pos PI Kendal.  Awal Oktober 1989 oleh kemurahan Allah peletakan batu pertama pembangunan Gereja Isa Almasih di Jl. Waluyo No. 6B dilaksanakan. Peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Bapak Nathanael selaku Penanggungjawab Pos PI Kendal dan Bapak Untung Untoro selaku Majelis Bidang Pembangunan GIA Dr Cipto Semarang serta disaksikan seluruh Jemaat setempat.

Pada tanggal 1 Februari 1990 gedung Gereja Isa Almasih Pos PI Kendal diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kendal Bapak Soemojo Hadi Winoto, SH.  Ibadah Umum yang semula dilaksanakan sore hari,  setelah menggunakan gedung baru diubah menjadi pagi hari pukul 07.00 WIB sampai sekarang. GIA Jemaat Kendal dalam usaha penginjilannya membuka sebuah TPI (Tempat Pembinaan Iman) di Perumahan Kaliwungu Indah (KALINDA) yang dibuka tahun 1999 dengan penanggung jawab Pdt. Stevanus Yadi.

Selama kurang lebih 21 tahun GIA Kendal, menginduk di GIA Dr. Cipto Semarang, Maka oleh kemurahan dan kekuatan dari Tuhan, maka pada tanggal 09 Maret 2002, Pos PI GIA Kendal secara resmi didewasakan oleh MPH Sinode Gereja Isa Almasih.  Gereja Isa Almasih Jemaat Kendal ditetapkan sebagai jemaat dewasa oleh MPH Sinode GIA sebagai jemaat yang ke-83. Setelah 5 (lima) tahun menjadi jemaat dewasa, gedung gereja mengalami renovasi pada tanggal 01 Juli 2007 menjadi gedung gereja seperti sekarang ini. Jemaat mengalami penambahan yang luar biasa, sehingga jumlah Jemaat GIA Kendal sekarang ini beranggotakan sekitar 200 jiwa dengan Pdt. Nathanael KS sebagai Gembala Jemaat.  4 kali (4 periode) majelis mengalami pergantian sesuai dengan masa bhakti yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: