Category Archives: Tips

3 Tips Hadapi Putus Cinta Secara Kristiani

Di dalam pencarian pasangan hidup yang tepat, seringkali kita dihadapi oleh permasalahan putus cinta. Bagi kelompok tipe yang berhati-hati, mungkin Anda hanya mengalami satu atau dua kali putus cinta. Namun, Anda yang tipe “air mengalir”, Anda bisa mengalami putus cinta lebih dari 3 kali.

Terlepas dari berapa kali Anda putus cinta, berikut tips bagaimana Anda menghadapinya dalam perspektif Kristiani:

1. Bersyukurlah karena Allah menyediakan masa depan yang lebih baik (dan hubungan yang lebih baik) kepada Anda.

Alkitab mengajarkan bahwa Allah-lah yang mengerjakan di dalam Anda dan akan bertindak sesuai dengan tujuan-Nya (Filipi 2:13). Ini berarti bahwa keinginan (dan kekuatan) untuk menunggu dengan cara yang benar untuk pertandingan yang sempurna Anda adalah karunia dari Allah saja.

9

Anda harus percaya bahwa ingin dalam hati Anda ada di sana oleh tangan Allah yang penuh kasih, murah hati. Dengan rendah hati sambut roh-Nya untuk terus mengingatkan Anda dan mendorong Anda lebih dekat kepada Sang Pemberi hadiah. Akuilah bahwa hanya Allah saja yang dapat menuntun Anda kepada hal yang benar.

2. Kembangkan iman Anda.

Tanpa iman, Anda akan mudah sekali menyerah ketika orang yang dekat dengan Anda adalah orang yang tepat bagi Anda. Iman adalah percaya tanpa melihat bahwa Tuhan akan membawa Anda dan telah mempersiapkan bagi Anda seseorang yang spesial yang akan menikah dengan Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa terus memperkuat keimanan Anda dengan memperkatakan dan mendengarkan firman Tuhan (Roma 10:17). Berdoalah kepada-Nya tentang apa yang sedang Anda gumulkan. Ibrani 11:6 berkata bahwa Allah pasti menghargai mereka yang rajin mencari Dia.

3. Lakukan tindakan iman

Iman tanpa perbuatan adalah mati. Jika iman Anda tidak ditindaklanjuti dengan perbuatan maka apa yang Anda imani akan menjadi sia-sia.

Karenanya itu, mulailah untuk dengar-dengaran kepada Allah. Anda dapat mendengarkan-Nya melalui suara hati Anda. Taatilah itu ! Percayalah, saat Anda mengikuti apa yang dikatakan oleh-Nya, Anda tidak akan menjadi kecewa; bahwa Anda pasti dipertemukan dengan orang yang benar-benar mencintai Anda.

 broken-heart-two-part-heart-wallpaper

Advertisements

TIPS BIAR GAK JADI JEMAAT GKKK (GEREJA KELILING KELILING KOTA)

TIPS BIAR GAK JADI JEMAAT GKKK

Buat kita yang udah lahir baru, punya komunitas yang bisa bikin kita bertumbuh itu penting banget. Salah satu komunitas yang Tuhan sediain buat kita bertumbuh itu adalah gereja. Jadi penting banget buat kita jadi jemaat di sebuah gereja. Jangan jadi jemaat GKKK (Gereja Keliling Kelilng Kota) aja. Sekali dua kali boleh deh kita jadi jemaat GKKK, tapi kalo udah setaun kita masih jadi jemaat GKKK, keterlaluan deh. Nah ini ada beberapa tips buat kita yang pengen berjemaat di satu gereja en gak pengen jadi jemaat GKKK.
Tips # 1
Pastiin gereja yang kita pilih bukan gereja sesat
Kalo kita mau cari gereja, cari tau dulu segala sesuatu tentang gereja yang bakal kita pilih. Bukan cuman tau nama, tempat ibadahnya dimana, jam ibadahnya kapan, tapi kita mesti pastiin dulu, gereja yang bakal kita pilih itu bukan gereja sesat. Maksudnya gereja sesat itu gereja yang dari luar gereja, tapi gak ngajarin kebenaran Firman Tuhan atau ngajarin Firman Tuhan-nya ngaco. Kalo gereja kayak gitu sih gak usah pikir panjang, gak usah dipilih.
Tips # 2
Pastiin kita tau visi gereja yang bakal kita pilih
Tiap gereja itu punya visi masing-masing. Sebelum kita mutusin mau berjemaat di gereja mana, pastiin kita udah tau duluan visi gereja yang bakal kita pilih. Apa kita satu visi sama gereja yang kita pilih? Kalo gak sevisi nanti yang susah kita sendiri. Kita gak bisa bertumbuh secara maksimal di gereja itu.
Tips # 3
Pastiin kita bertumbuh di gereja yang bakal kita pilih
Kalo kita mau milih satu gereja tertentu, pastiin dulu kita bertumbuh di gereja itu. Dari mana kita tau kita bertumbuh atau gak di gereja itu? Ya mau gak mau kita mesti nyobain dulu ada di gereja itu selama beberapa waktu. Selama kita ada di gereja itu coba rasain apa kita bertumbuh gak di gereja itu. Kalo kita merasa bertumbuh, silakan kita berjemaat di gereja itu. Kalo gak, ya carilah gereja lain.
Tips # 4
Jangan pilih gereja karena hamba Tuhannya
Inget baik-baik. Jangan pilih gereja cuman karena hamba Tuhannya. Jangan sampe kita jadi jemaat gereja tertentu cuman karena kita kagum sama hamba Tuhan-nya doang. Kenapa? Soalnya kita pasti bakal kecewa suatu saat nanti. Mestinya ‘kan kita liat Tuhan-nya bukan hamba-Nya.
Tips # 5
Jangan pilih gereja karena tempatnya
Di Indonesia sekarang ada banyak gereja yang suka pake tempat di mall-mall atau hotel. Fasilitasnya? AC, karpet empuk, kursi empuk, sound system bagus, alat musik lengkap. Tapi jangan sampe kita pilih berjemaat di gereja tertentu cuman karena gerejanya enak. Gereja yang enak (maksudnya tempatnya) belum tentu ada Tuhannya. Dan sebaliknya gereja yang biasa ngadain ibadah di rumah atau di tempat yang gak enak, belum tentu gak ada Tuhannya. Yang nentuin Tuhan datang atau gak bukan tempatnya, tapi orangnya. Apa orang yang ada di gereja itu pengen Tuhan datang atau gak. So jangan pilih gereja karena tempatnya. 
Tips # 6
Jangan pilih gereja karena teman
Kita bisa jadi tau satu gereja tertentu karena teman kita. Tapi jangan sampe  kita milih jadi jemaat satu gereja karena di sana ada teman kita. Nanti pas gak ada teman kita, gimana dengan kita? Apa kesetiaan kita cuman sebatas teman aja? So jangan pilih satu gereja karena di sana ada teman kita, tapi karena kita emang bertumbuh di sana.
Tips # 7
Doa
Ini tips terakhir tapi paling penting. Minta Tuhan tunjukin sama kita kemana kita mesti berjemaat. Percaya deh Dia pasti tau rumah mana yang terbaik buat kita.